Daftar Blog Saya

Jumat, 26 November 2010

honda xxx


AUTOMATIC DECOMPROSION SYSTEM (ADS)
Sistem ini digunakan khusus u/ type cUB (bebek). Tujuan dari penggunaan system ini adalah u/ memperingankan tekanan kaki pada saat melakukan kick starter.
Hal ini dpt terjadi krn terbukanya katup buang pd waktu piston sedang bergerak pada posisi langkah kompresi saat mesin sepeda motor di matikan prinsip kerjanya;
1.        Sewaktu mesin dimatikan, poros engkol masih berputar & mendorong piston keatas      melawan kompresi di dalam silinder.
2.        Semakin kecil ruangan diatas piston,semakin besarlah tekanan kompresi yg melawan pergerakan piston keatas sampai piston berhenti sebelum  TMA (titik mati atas)tercapai.
3.        Tekanan kompresi yg besar ini kemudian mendorong piston ke bawah kembali yg memutar balik poros engkol sedikit dlm arah yg betlawanan.
  PENGERTIAN MOTOR BAKAR.
Tenaga yg didapat dari hasil pembakaran bensin bercampur dgn udara didlm suatu ruang bakar akan kembali panas, panas ini kemudian dirubah menjadi tenaga gerak /tenaga mekanis didlm mesin itu sendiri & ini yg disebut “MOTOR BAKAR
JENIS BAHAN BAKAR
Jenis bahan bakar menurut bentuknya dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu;
ü Bahan bakar padat   ; batubara, arang atau kayu
ü Bahan bakar cair       ; bensin, minyak solar & minyak tanah
ü Bahan bakar gas       ;elpiji dan gas kota
PENGERTIAN ISTILAH2
o  TMA   ;Titik mati atas
Batas pergerakan piston paling atas di dalam silinder
o   TMB  ; Titik mati bawah
Batas pergerakan piston paling bawah di dalam silinder
o   LANGKAH/STROKE/TAK ; jarak gerak piston dari TMA Ke TMB / sebaliknya
PENERTIAN SIKLUS PADA MOTOR BAKAR
Yg dinamakan 1 siklus /cycle adlh proses kerja pada suatu motor bakar yg meliputi;
·     Penghisapan gas campuran bahan bakar dan udara
·     Pemanfaatan konverensi gas campuran bahan bakar dan udara
·     Pembakaran gas campuran bahan bakar dan udara terjadi tenaga panas/usaha.
·     Pembuangan gas sisapembakaran
PRNSIP KERJA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH
1.  LANGKAH PENGHISAPAN
v Torak bergerak dari TMA ke TMB
v Katup masuk terbuka katup buang tertutup
v campuran bahan bakar dan udara yg telah tercampur didalam karburator masuk & hisapkedalam silinder
2.  LANGKAH KOMPRESI/PENEKAN
v TORAK bergerak dari TMB ke TMA
v Katup masuk & katup buang ke2nya tertutup sehingga gas yg telah dihisap tadi tidak dapat keluar pada waktu ditekan oleh torak, yg mengakibatkan tekanan gas akan naik sambil mengrluarkan panas.
v Beberapa saat sebelum torak mencapai TMA busi mengeluarkan percikan bunga api listrik.
v Gas/bahan bakar yg telah mencapai tekanan tinggi tadi terbakar.
3.     LANGKAH KERJA/PENGEMBANGAN
v Saat ke2 katup masih dalam keadaan tertutup
v Gas yg terbakar tadi dgn temperature dan tekanan yg tinggi akan mengembang kemudian menekan & memaksa torak turun kebawah (dari TMA ke TMA)
v Saat inilah pertama kaliu tenaga panas (kalori) dirubah menjadi tenaga bergerak/mekanis tenaga ini disalurkan melalui batang penggerak dan oleh poros engkol dirubah menjadi gerak berputar.
4.     LANGKAH PEMBUANGAN
v Katub buang terbuka katup masuk tertutup
v Torak bergerak dari TMB ke TMA
v Gas2 sisa pembakaran terdorong oleh torak keluar melalui katup buang menuju udara bebas
PERAWATAN DAN PENYETELAN”
INFORMASI UMUM
CARBON MONOKSIDA
Bila menghidupkan mesin, pastikan bahwa ruangan berventilasi dgn baik. Jgn hidupkan mesin diruang tertutup. Hidupkan mesin diruangan terbuka  atau bola diruang tertutup harus mempuyai system pembuangan gas.
Isosceles Triangle: !AWAS.
Gas buang mengandung racun carbon monoksida yg dpt menyebabkan hilangnya kesadaran dan dapat menyebabkan kematian.
BENSIN.
Bekerjalah didalam ruangan dgn ventilasi yg baik.jauhkan rokok, api & letikan bunga api diruang kerja /dimana bensin tersimpan.,
Isosceles Triangle: !AWAS
Bensin sangat mudah terbakar & pada kondisi tertentu bersifat explosive
jauhkan dari jangkauan anak2.

GAS HYDROGEN BATERE & ELEKTROLIT.
Isosceles Triangle: !AWAS
·        batere me3nghasilkan gas2 explosive,jauhkan bunga api api dan rokok.sediakan ventilasi yg cukup pada saat pengisian
·        batere mengandung asam sulfat (elektrolit).kontak dgn kulit/mata dpt menyebabkan lika bakar. Kenakan pakaian pelindung & pelindung muka.
·        Bila kulit terkena elektrolit, bilaslah segera dgn air banyak2.
·        Bila mata terkena elektrolit, bilaslah dgn air paling sedikit 15 menit & panggil dokter.
·        Elektolit beracun, bila tertelan minumlah air yg sangat banyak/susu & ikuti dgn magnesia /minyak sayur & panggil dokter.
·        Jauhkan dari jangkauan anak2
MINYAK REM.
PERHATIAN !!!
Tumpahan minyak rem pada komponen2 cat plastic atau karet akan merusak komponen2 tsb.letakkan kain pelindung waktu memperbaiki sistim ini.jauhkan dari jangkauan anak2.
Isosceles Triangle: !DEBU REM
Jgn memakai selang udara/sikat kering u/ membersihkan rem.
AWAS
Serat2 asbes yg terhisap telah diketemukan,menyebabkan penyakit pada alat pernapasan dan kanker.
Isosceles Triangle: !KOMPONEN2 PANAS.
AWAS
Mesin & system ekhaust mjd panas & masih panas u/ beberapa saat setelah mesin berhenti.kenakan sarung tangan isolasi /tunggu sampai dingin sebelum memegangnya.
SALURAN BAHAN BAKAR.  
Periksa saluran bahan bakar dari terjadinya;
§  Kebocoran bensin
§  Lepas atau tidak sesuainya kedudukan t4 klip.
§  Saluran rusak atau lapuk.
Gantilah apabila ada beberapa suku cadang yg rusak.
PENYARING BAHAN BAKAR.
Putarkan kran bahan bakar ke posisi “OFF”
Lepaskan/buka strainer cap dibawah kran bahan bakar & alirkan bensin kedalam wadah yg tdk mudah terbakar.
PERINGATAN!!!
Bensin merupakan bahan bakar yg mudah terbakar & mudah meledak.
Bekerjalah didlm ruangan yg berventilasi baik.jauhkan rokok, api atau percikannya, dimana bensin tersimpan.
Buka/lepaskan o-ring & strainer screen.
Bersihkan mangkuk & saringan dgn alat/bahan yg tak mudah terbakar.
Gantilah o-ring dgn yg baru.
Sebelum memasang strainer screen, o-ring & wadah, kencangkan mangkuk dgn torsi khusus.
PERHATIAN!!!
Pengencangan yg berlebihan dpt mengakibatkan wadah/mangkuk patah/merusak o-ring yg menyebabkan terjadinya kebocoran bahan bakar
Putar kembali katup bahan bakar ke posisi “ON” & periksalah semua jgn sampai terjadi kebocoran.


























PENGOPERASIAN
THROTTLE /GAS TANGAN
Periksalah kerusakan /pelapukan pada throttle cable. Periksalah bahwa throttle secara otomatis menutup penuh pada setiap posisi steering.
bila throttle grip tidak berputar secara lancer, lumasi throttle cable & bongkar serta lumasi rumah grip.
bila throttlegrip tetap tak berputar,gantilah kabelnya.
Dgn perpitaran mesin yg rendah,putarlah stang stir kekiri & ke kanan u/ memastikan bahwa kecepatan putaran mesin tidak berubah.
Bila kecepatan putaran mesin berubah,b periksalah jarak main throttle grip & sambung throttle cable.
PERINGATAN!!!
Pemakaian throttle cable yg rusak tertekuk abnormal, atau terbelit dapat menghalangi kerja operasi throttle & dpt menyebabkan kehilangan kendali throttle didlm pengendaraan
Jarak main throttle harus di periksa & diatur sbb;
Jarak main throttle yg benar ialah bila terdapat jarak main tertentu pada bagian luar throttle grip flange.
Pengaturan jarak main yg pertama dpt dilakukan dgn mengatur disisi throttle grip.
Kendurkan lock nut & putar adjuster u/ memperoleh jarak main yg dikehendaki.
Kencangkan lock nut setelah dilakukan pengaturan.
Bila adjuster memiliki boot/karet penutup kembalikan posisinya dgn rapi
Pengturan yg berikut dilakukan pd ujung kabel  didkabel karburator, dgn salah satu dari type2 adjuster yg twerlihat pada gambar.( gambar.58)
























SARINGAN UDARA
Ø  Bila elemen kotor, campuran bahan bakar menjadi
Ø  Bersihkan secara periodic /ganti bila perlu
Ø  Kendaraan yg dipakai pada daerah yg berdebu lebih sering memerlukan pemeriksaan secara periodic
Ø  Pada saat penggantian hati2lah pada hal2 berikut;
CATATAN
·        Bila sambungan elemen mempunyai rubber seal ,sambungan akan menjadi lebih kedap udarabila dilumasi sedikit.
·        Periksa ke2nya ,saluran udara & holder akan benar2 bersih & tak mengandung debu & kotoran.
ELEMEN BUSA URETHANE YG DIBASAHI OLI
Lepaskan saringan udara dari pegangannya & cuci debu & kotoran yg berkumpul dgn meMeras secara lembut didalam solven yg tak mudah terbakar.
PERINGATAN!!!
Pemakaian bensin/solven yg mudah terbakar  dapat mengakibatkan kebakaran ledakan



   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar